Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan di Kairo: Pertama Kali Diselenggarakan di Luar Premis KBRI Kairo

0
219
- Advertisement -

PINISI.co.id- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo untuk pertama kalinya menyelenggarakan upacara bendera di luar premis KBRI Kairo. Acara ini berlangsung di Stadiun Madinatul Buuts Al Islamiyah (asrama pelajar/mahasiswa asing) Universitas Al-Azhar.

Upacara dimulai pada pukul 07.30 dengan suasana yang khidmat dan penuh semangat kebangsaan.
Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Bapak Lutfi Rauf, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Mayor (Mar) Aji Purnomo, Asisten Atase Pertahanan, bertindak sebagai Komandan Upacara.

Adapun Pasukan Pengibar Bendera berasal dari siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dan sekolah lanjutan Ma’had Al-Azhar. Tema peringatan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2024 adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Pemilihan lokasi di Stadiun Madinatul Buuts Al Islamiyah memiliki makna khusus, yakni sebagai simbol keterbukaan dan inklusivitas, mengingat lokasi ini lebih besar sehingga dapat mengakomodir Masyarakat Indonesia di Mesir yang jumlahnya lebih dari 15.000 orang. “Kami memilih Stadiun Madinatul Buuts Al Islamiyah sebagai tempat penyelenggaraan upacara tahun ini dengan harapan agar acara ini lebih dapat diakses oleh seluruh warga negara Indonesia di Mesir. Tempat ini bukan hanya representasi fisik, tetapi juga simbol komitmen kami untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat,” ujar Duta Besar Lutfi Rauf.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut dilaksanakan melalui kerja sama KBRI Kairo dengan Madinatul Buuts Al Islamiyah Al-Azhar serta organisasi pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir. Setelah upacara bendera, acara dilanjutkan dengan berbagai perlombaan rakyat, antara lain, lomba makan kerupuk, tarik tambang, serta sejumlah perlombaan lainnya. Sebelumnya KBRI Kairo juga telah menyelengarakan sejumlah perlombaan olahraga seperti bulu tangkis, bowling, sepak takraw, dan tenis meja.

- Advertisement -

Upacara dihadiri oleh sekitar seribu orang WNI dari unsur Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI), perwakilan organisasi-organisasi kedaerahan, organisasi afiliatif dari organsiasi kemasyarakatan di Indonesia, para pejabat dan staf KBRI, siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo (SIC) serta tamu undangan lainnya, termasuk delegasi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Mesir. (Fen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here