Pengibaran Bendera Bawah Laut di Wakatobi, Perayaan Unik HUT RI ke 79

0
254
- Advertisement -

PINISI.co.id-  Polres Wakatobi kembali menunjukkan dedikasinya dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79 dengan cara yang unik dan penuh semangat, Sabtu (17/8/2024).

Di bawah pimpinan Kapolres Wakatobi, AKBP Dodik Tatok Subiantoro, S.I.K., kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan di bawah laut perairan Sombu Dive, Wakatobi.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga sekaligus sebagai sarana promosi pariwisata Wakatobi yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bawah laut terindah di Indonesia, bahkan dunia.

Dalam sambutannya, Kapolres Wakatobi, AKBP Dodik Tatok Subiantoro, S.I.K., menegaskan bahwa inisiasi pengibaran bendera ini merupakan wujud kebanggaan dan komitmen Polres Wakatobi dalam memperingati hari bersejarah bangsa.

Secara simbolis, Kapolres Wakatobi menyerahkan Bendera Merah Putih kepada tim pengibar bendera yang terdiri dari 50 peserta yang mewakili berbagai instansi dan komunitas.

- Advertisement -

Di antaranya adalah Polres Wakatobi, Balai Taman Nasional Wakatobi, Pos Basarnas Wakatobi, Komunitas Diver Wakatobi, Media/Jurnalis, serta Influencer dan konten kreator. Mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju,” kegiatan ini mencerminkan semangat persatuan dan kemajuan bangsa.

Setelah penyerahan bendera, tugas dan tanggung jawab pengibaran diserahkan kepada Kasi Humas Polres Wakatobi, Iptu Risman, S.E., M.M., yang memimpin tim pengibar dengan amanat Kapolres untuk selalu mengutamakan keselamatan diri dan kelompok selama kegiatan berlangsung.

Pengibaran bendera di bawah laut berlangsung selama kurang lebih 54 menit, dengan tim pengibar yang terdiri dari personel gabungan Polres Wakatobi, Polairud, dan KKP Wakatobi.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi seremoni peringatan HUT RI, namun juga bertujuan untuk memperkenalkan keindahan bawah laut Wakatobi kepada dunia dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam bawah laut.

“Pengibaran bendera bawah laut ini merupakan bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan, serta sebagai wujud komitmen kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan bawah laut demi meningkatkan pariwisata dan perekonomian di Wakatobi,” ujar AKBP Dodik Tatok Subiantoro, S.I.K., yang juga bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan ini.

Dengan semangat yang berkobar, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Wakatobi dan seluruh Indonesia untuk terus menjaga semangat kebangsaan serta merawat kekayaan alam yang dimiliki sebagai warisan untuk generasi mendatang. (AB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here