Pendiri DMU Muchlis Patahna: Jadikan Ramadhan sebagai Bulan Tarbiyah

0
754
- Advertisement -

PINISI.co.id- Pendiri Pondok Pesantren Modern Darul Muchlisin (DMU) Muchlis Patahna mengutarakan bahwa Ramadhan adalah bulan tarbiyah yang penuh dengan berkah dan mendidik kita untuk melaksanakan perintah Allah. “Bulan tarbiyah yang juga bermakna pendidikan, tentu sangat relevan dengan kehidupan pesantren di mana para santri dan santriwati untuk terus belajar dengan semangat haus akan ilmu pengetahuan,” kata Muchlis yang juga Ketua Umum BPP KKSS ini.

Hal itu diutarakan Muchlis saat memberikan ceramah kepada santrinya di masjid  pondok pesantren DMU, Bandung Barat, pada hari keempat bulan Ramadhan, Jumat, (16/4/2021).

Setelah memberikan tausiah, Muchlis mengajak para santri untuk berbuka puasa bersama sebelum melanjutkan dengan ibadah sahalat tarawih.  

Menurut Muchlis, bulan ramadhan laksana sebuah sekolah khusus agar peserta didik lulus dengan gelar muttaqin.      

Dalam ceramahnya, Muchlis menguraikan panjang lebar tentang keutamaan pendidikan bagi kemajuan suatu bangsa. Tanpa pendidikan yang bermutu dan berkarakter, maka jangan harapkan suatu bangsa akan naik level hidupnya dan bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.  

- Advertisement -

Karena itu, kata Muchlis, penting bagi kita untuk terus menuntut ilmu agar kita menjadi insan-insan yang terpelajar dan pembelajar. Pendidikanlah yang memandu kita untuk menjaga tata krama dalam kehidupan sosial, pendidikan membimbing kita menjadi politisi yang amanah, pendidikan mengantar kita menjadi insan-insan yang beradab.

“Sehingga lahir leadership yang unggul, yang akhlakul kharimah, yang berdisiplin tinggi dan ujungnya menajdi penggerak bangsa dan negara,” pungkas Muchlis.

(Lip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here