Usung tema “ Perkuat Profesionalisme, Dorong Transformasi Bisnis, dan Tekan Kebocoran Air” PT Tirta Asasta rayakan HUT ke-14 bersama Pemkot Depok

0
24
- Advertisement -

PINISI.co.id – PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 dengan menegaskan komitmennya dalam hal penguatan profesionalisme dan peningkatan layanan berkelanjutan bagi masyarakat. Peringatan HUT yang digelar pada Senin (03/11/2025) di Mall Pesona Square, Jl Juanda Depok ini, menjadi momentum penting untuk mendorong transformasi bisnis perusahaan.

Direktur Utama PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) M Olik Abdul Holik, menyampaikan bahwa semangat HUT adalah untuk “naik kelas, naik kapasitas, naik dampak, dan naik manfaat.” Pihaknya mendorong seluruh pegawai untuk bekerja lebih profesional sesuai tuntutan pelayanan publik. Olik Abdul Holik juga menekankan bahwa salah satu fokus utama PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) adalah memperluas jaringan layanan air perpipaan. Hal ini sejalan dengan arahan Pemerintah Kota Depok untuk mengurangi penggunaan air tanah oleh masyarakat.

“Kita ingin memperluas jaringan sebagaimana arahan Pak Wali, agar masyarakat tidak lagi mengambil air tanah. Karena air yang kita gunakan bersumber dari air permukaan, yakni Sungai Ciliwung dan Sungai Angke,” jelas Olik.

Pada tahun ini, PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) berhasil menambah satu zona air minum baru di wilayah Cimanggis Golf Estate (CGE). Perusahaan juga mentargetkan penurunan tingkat kebocoran air (Non-Revenue Water) dari 25 persen menjadi 24 persen.

Dari sisi usaha, PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) telah mencapai laba sekitar Rp 33 miliar pada tahun ini dan memproyeksikan laba akan terus meningkat di masa depan. Meskipun demikian, Olik menyebut adanya kemungkinan penurunan laba sementara pada tahun depan, dikarenakan persiapan perusahaan untuk masuk ke pasar modal, sebuah proses yang membutuhkan biaya signifikan.

Saat ini, PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) mengandalkan Sungai Ciliwung sebagai sumber air baku utama dengan kapasitas sekitar 9.000 liter per detik, yang diproyeksikan mampu melayani hingga 700 ribu pelanggan.

Di masa mendatang, perusahaan akan memperkuat pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penyediaan Asasta Learning Center (ALC), yang dirancang sebagai pusat pembelajaran seperti konsep BCA Learning Center, dan diharapkan dapat berkembang menjadi universitas. PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) telah menjalin kerja sama dengan STTPU dan tengah menjajaki kerja sama dengan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Dari sisi operasional, PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) juga terus memperluas zona air minum dan mengintegrasikan sistem IT secara real-time untuk efisiensi pemantauan dan pelayanan.

Walikota Depok, Dr Supian Suri MM pada perayaan HUT, menyampaikan apresiasi atas kinerja positif PT Tirta Asasta Depok (Perseroda). “Pertama, saya menyampaikan terima kasih atas nama warga masyarakat Kota Depok, Pemerintah Kota Depok, dan pribadi saya sebagai Wali Kota Depok, atas seluruh upaya yang telah dilakukan PT Tirta Asasta Depok dalam melayani masyarakat, khususnya terkait penyediaan air bersih,” ujarnya.

Walikota berharap PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) agar terus meningkatkan upaya dalam mengurangi kebocoran air dan perluasan jangkauan layanan ke seluruh kecamatan dan kelurahan. Ia juga menegaskan bahwa peningkatan penggunaan air perpipaan oleh PT TAD adalah langkah strategis untuk pelestarian lingkungan, sebab mengurangi pemanfaatan air tanah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sendiri berkomitmen untuk terus memberikan dukungan penuh agar kualitas layanan PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) meningkat. Supian Suri berharap momentum HUT ke-14 ini semakin memotivasi seluruh jajaran PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) agar terus memberikan pelayanan terbaik dan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat kota Depok. ( *Irfan Ahdiyat* )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here