Bachtiar Adnan Kusuma Jadi Pembicara di Sulbar, Sulsel, Sultra dan Sulteng

0
129
- Advertisement -

PINISI.co.id- Tokoh literasi dan Ketua Forum Nasional Perkumpulan Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional, Bachtiar Adnan Kusuma, secara berkelanjutan mendorong tumbuhnya budaya baca dan budaya menulis di Indonesia, khususnya di timur Indonesia. Editor buku “ Perjuangan Membangun Indonesia Timur Jilid 1 dan 2” karya Dr. H.A.A.Baramuli, S.H. dan Prof.Dr. Laode M Kamaluddin, M.Si. ini, diundang menjadi pembicara di Bulan Gemar Membaca yang digelar Rumah Baca dan Museum Naskah “ I Manggewilu” Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat melalui Banpem Penguatan Penggerak Komunitas Literasi tahun 2024 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek.

Ketua Rumah Baca dan Museum Naskah “I Manggewilu” Kab.Majene Sulawesi Barat, Thamrin, S.Pd.M.Pd. mengundang Deklarator Nasional Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Pusat dan Sekjend Asosiasi Penulis Profesional Indonesia Pusat (2016-2022) ini pada Sabtu, Minggu, 28-29 September 2024, di Pelatihan Pengelolaan Komunitas Penggerak Literasi. Adapun target peserta kampanye literasi , kata Thamrin sekitar 2.000 hingga 3.000 orang.

Sementara itu, Bachtiar Adnan Kusuma juga menjadi Keynote speaker di Seminar Literasi bertajuk” Penguatan Pentingnya Literasi Sejak Dini” yang digelar TBM Ibnu Hajar Kabupaten Pangkep atas Banpem melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Tahun 2024. Menurut ketua TBM Ibnu Hajar, Mardiah, S.Pd. pelaksanaan kegiatan Senin, Tgl 16 September 2024 di Pangkep.

Menurut BAK, pihaknya juga diundang menjadi pembicara di TBM Annur Palajau Kab. Jeneponto, Kamis 19 September 2024 dengan topik” Pelatihan Penulisan Buku dan Artikel”. “ Pak Elsa pendiri TBM Annur Palajau mengundang saya hadir di acara tersebut sebagai Narasumber” kata Tokoh Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI ini.

Dalam rangkat Bulan Gemar Membaca Perpustakaan Nasional RI, pada September 2024, Bachtiar Adnan Kusuma juga akan bicara tentang Strategi Pembentukan Keluarga Membaca pada Satuan pendidikan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Rabu 18 September 2024.

- Advertisement -

“Sebelumnya kami melakukan roadshow kegemaran membaca di Kabupaten Buton Tengah dan Bau-Bau Sulawesi Tenggara. Pada beberapa waktu lalu, Bachtiar Adnan Kusuma juga tambil berbicara di depan 1.000 orang di kampus STAI Palu atas undangan Ketua Penulis Profesional Kota Palu, Dr. Arifuddin, M.Ag. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here